Halaman ini berisi beberapa buku/ebook yang bisa dijadikan pegangan selama belajar Astronomi. Harus diakui kurangnya referensi Astronomi berbahasa Indonesia memang menjadi kendala dalam mendalami ilmu Astronomi, oleh karena itu kita perlu untuk membaca referensi dari luar. Berikut ini adalah beberapa referensi yang saya rekomendasikan:

 

Modul Persiapan Olimpiade Sains Nasional Astronomi – Hans Gunawan (Alumnus SMAK 1 PENABUR Jakarta)

Ebook sejuta umat yang punya nama singkat “modul Hans” atau “buku Hans”. Yang saya tahu modul ini menjadi referensi dari mayoritas peserta OSN Astronomi karena materinya selain berbahasa Indonesia, materinya juga ringkas dan penuh soal-soal latihan karena dibuat sendiri oleh seorang alumni olimpiade astronomi sehingga lebih disesuaikan untuk olimpiade ketimbang buku-buku lain.

 

Fundamental Astronomy – Hannu Karttunen

Buku standar untuk belajar Astronomi buat saya karena seluruh materi Astronomi dijelaskan dengan gamblang disini, bahasa inggrisnya juga cukup mudah dimengerti. Jika ingin memahami materi-materi Astronomi, saya paling merekomendasikan buku ini walaupun untuk beberapa materi masih belum sampai terlalu dalam (namanya juga fundamental)

 

Astronomy: Principles and Practices – A. E. Roy

Jujur aja, saya belum pernah baca buku ini dengan alasan gak ada daftar isi jadi navigasinya susah (alibi, bilang aja males baca -_-). Walaupun begitu, beberapa temen belajar dari sini dan keunggulannya adalah dalam hal mekanika benda langit karena dijelaskan dengan detail plus kalkulus yang luar biasa what-the-hell-is-this, sampai modul Pak Suryadi (anak pelatnas pasti ngerti) pun berisi “buka buku A. E. Roy halaman xxx”

 

The Complete Idiot’s Guide to Astronomy – Christopher Dee Pree

Bagi yang ingin skip baca modul Hans karena terlalu mainstream, buku ini bisa menjadi pengganti yang baik karena menurut saya buku ini seperti memiliki tujuan untuk mengajarkan Astronomi kepada seorang awam, sehingga bahasanya sangat ramah kepada kita yang bahasa Inggrisnya kurang. Tidak difokuskan kepada perhitungan dan rumus yang sulit, tapi lebih ke pemahaman dan konsep dasar.

 

Schaum’s Outline of Astronomy – Stacey Palen

Buku ini juga saya belum pernah baca (dan saya gak punya alasan lain seperti buku AERoy, kali ini saya memang males baca), tapi banyak juga dibaca oleh teman-teman pelatnas, bahkan mereka sudah membaca buku ini sejak zaman masih OSN. Oleh karena itu, buku ini pun cukup direkomendasikan untuk dibaca.

 

An Introduction to Extragalactic Astronomy and Cosmology – Peter Schneider

Sebelum OSN, tata koordinat adalah materi yang paling saya takuti. Saat pelatnas 1 dan 2, mekanika Pak Suryadi yang paling saya takuti. Saat pelatnas 3 dan IOAA, kosmologi yang paling saya takuti. Kenapa? Kosmologi buat saya merupakan ilmu yang sangat abstrak, dan terkadang apa yang sudah dipelajari di fisika Newton bisa membuat kita bingung dalam belajar kosmologi karena mekanika Newton tidak berlaku disini. Skala-skala yang abstrak pun membuat semuanya makin kabur. Buku ini bisa membuat makin bingung atau makin jelas. Kosmologi dibahas secara detail disini, mulai dari asumsi homogen hingga sampai tidak berasumsi itu lagi. Kalau ingin mendalami Kosmologi, baca buku ini… Jangan terkecoh dengan embel-embel “an introduction”

Leave a Reply